Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

terapi pengobatan bekam/ hijamah, reflexi, gurah, ear candle

Senin, 03 Mei 2010

Zona Tubuh

Perhatikan gambar dibawah ini dengan seksama. Anda akan melihat bahwa tubuh manusia pada setiap sisi (kiri atau kanan) dibagi menjadi 5 zona. Pusat dari badan manusia adalah zona 1 untuk sisi kiri dan kanan. Maka dengan mempelajari gambar dibawah ini dan membaca penjelasan-penjelasan tentang zona-zona, anda akan mengenali lebih baik zona-zona tersebut. Gambar ini berlaku pada pria dan wanita.


Zona 1
Terbujur dari ujung ibu jari tangan, lurus naik ke puncak kepala, lalu turun melalui hidung, melalui pusat tubuh ke ibu jari kaki. Dalam zona ini termasuk saluran hidung, langit-langit, perut, tenggorokan, tulang belakang, rahim, lat kelamin, dubur, jantung dan bermacam-macam kelenjar. penyakit dari alat-alat tubuh tersebut dapat diobati dengan menerapkan pijat-pijat refleksi pada zona-zona respons yang berhubungan dengan organ-organ dalam zona 1, baik dilaksanakan di muka, tungkai, lengan, atau kaki.

Zona 2
Terbujur dari jari telunjuk naik ke kepala, turun ke jari kaki yang ke 2. Daerah ini meliputi mata, sinus-sinus (anak rongga hidung), berbagai kelenjar, paru-paru, bronkhi, amandel, perut, jantung dan pankreas (pada sisi kiri
Gambar 42

A = Garis bahu

B = Garis pinggang


Di sini juga ada zona perut. Hal ini menunjukkan bahwa zona perut cukup luas mencakup zona 1 dan 2. Apabila ada kelainan pada salah satu organ itu, kita dengan mudah dapat menemukan daerah responnya di zona 2.

Zona 3
Terbujur dari jari tengah tangan, kepala, turun ke jari tengah kaki. Zona ini meliputi mata, beberapa kelenjar, paru-paru, ginjal, perut lambung (pada sisi kiri), hati dan kandung empedu (pada sisi kanan).

Zona 4
Dimulai dari ujung jari manis, naik ke kepala, turun ke jari kaki yang ke empat. Zona ini meliputi hati, illeocecal valve (katup yg membatasi usus kecil dan usus besar), pada sisi kanan saja. Sedang pada sisi kiri adalah bahu, telinga, paru-paru dan limpa.

Zona 5
Membujur dari kelingking tangan ke kepala, turun ke jari kelingking kaki. Dalam zona ini termasuk hati, telinga dan tengkuk.

Semua zona membujur merata di seluruh tubuh, melewati lengan, tungkai, telapak tangan dan telapak kaki. Pada gambar 42 garis melintang A ke atas adalah bagian zona kepala dan sekitarnya, garis melintang A hingga B adalah zona bagian tengah dan garis melintang B ke bawah adalah zona tubuh bagian bawah.